Pengembangan Diorama 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 Pada Pembelajaran Temati

Goldya, Galan (2022) Pengembangan Diorama 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 Pada Pembelajaran Temati. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_galan goldya_17712251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media diorama 3 dimensi yang layak berdasarkan ahli materi dan ahli media untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran tematik di sekolah dasar dan mengetahui keefektifan media diorama 3 dimensi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merujuk pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri atas 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk I, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk II, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian terdiri dari 98 siswa dari empat Sekolah Dasar kelas III di Sleman. Data kelayakan media diorama 3 dimensi diperoleh menggunakan angket kelayakan untuk ahli materi dan ahli media. Data efektivitas media diorama 3 dimensi diperoleh menggunakan analisis gain score nilai angket skala minat belajar siswa saat pretest-posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengembangan produk ini telah menghasilkan Media Diorama 3 Dimensi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Hasil uji kelayakan menunjukkan persentase tingkat pencapaian 81.3%, berada pada kualifikasi tingkat kevalidan “baik” dari penilaian ahli materi dan persentase pencapaian tingkat kevalidan 97%, berada pada kualifikasi “sangat baik” dari penilaian ahli media. Hasil uji efektivitas menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar antara kelompok siswa kelas eksperimen yang menggunakan produk pengembangan media diorama 3 dimensi dengan kelompok siswa kelas kontrol yang menggunakan gambar. Maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama 3 dimensi yang dikembangkan terbukti secara efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media diorama 3 dimensi, minat belajar, pembelajaran tematik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:48
Last Modified: 08 Dec 2022 08:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75609

Actions (login required)

View Item View Item