Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

PAMBUDI, TEGUH RETNO (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_teguh retno pambudi_18712254017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran berbasis etnomatematika yang layak menurut ahli materi, ahli model pembelajaran, guru dan siswa serta mengetahui keefektifan model pembelajaran yang dihasilkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa kelas III. Penelitian dan pengembangan dijalankan berpedoman pada 10 tahapan pengembangan dari Borg dan Gall. Adapun tahapan tersebut meliputi penghimpunan bahan, penyusunan rencana, pembuatan desain awal, pengujian lapangan terbatas, pengujian lapangan diperluas, perbaikan berdasarkan hasil pengujian lapangan diperluas, pengujian lapangan operasional, perbaikan akhir, dan produksi masal serta penyebarluasan. Subjek pengujian lapangan terbatas adalah 6 siswa dan seorang guru SDN Mustokorejo. Subjek pengujian lapangan diperluas adalah 12 siswa dan dua orang guru SDN Tajem. Subjek uji coba lapangan operasional terdiri dari 28 siswa SDN Depok 1 sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa SDN Timbulharjo sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar penilaian produk, skala respon siswa dan guru, skala kemampuan berpikir kritis, dan soal pre-test dan posttest. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) model pembelajaran berbasis etnomatematika layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Kelayakan model pembelajaran berbasis etnomatematika terlihat dari hasil penilaian ahli materi dan ahli model pembelajaran dengan katagori “baik”. Tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis etnomatematika yang terbantu dalam proses pembelajaran. (2) Model pembelajaran berbasis etnomatematika yang dikembangkan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Keefektifan tersebut terlihat dari perbedaan yang signifikan skor keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa antara sesudah dan sebelum menerapkan model pembelajaran berbasis etnomatematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Etnomatematika, Keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:46
Last Modified: 08 Dec 2022 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75608

Actions (login required)

View Item View Item