Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Literasi Digital Siswa Kelas V SD/MI

ZULQADRI, DEWANTO MUHAMMAD (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Literasi Digital Siswa Kelas V SD/MI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dewanto muhammad zulqadri_19712251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis web untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya dan literasi digital siswa kelas kelas V SD/MI, mendeskripsikan hasil validasi multimedia interaktif berbasis web untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya dan literasi digital siswa kelas kelas V SD/MI dari aspek kelayakan media dan materi oleh ahli dan guru, dan mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis web untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya dan literasi digital siswa kelas V SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) versi Borg and Gall yang terdiri analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi, revisi produk pertama, uji coba lapangan, revisi produk kedua, uji keefektifan dan diseminasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif, data hasil validasi ahli dan guru dikonversi ke interval skor 1-5, uji efektivitas produk menggunakan uji-t independen dan uji-t berpasangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa, multimedia interaktif berbasis web memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan ahli media, ahli materi, ahli bahasa, respons guru dan respons siswa, serta multimedia interaktif berbasis web efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan literasi budaya dan literasi digital siswa berdasarkan uji-t independen dan uji-t berpasangan, dengan perolehan hasil signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif berbasis web, literasi budaya, literasi digital
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:34
Last Modified: 08 Dec 2022 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75606

Actions (login required)

View Item View Item