Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan

NINGSIH, SUCI SETYO (2022) Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Karakter Komunikatif pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_suci setyo ningsih_17712251073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan menganalisis dan karakter komunikatif yang layak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, dan (2) mengetahui efektivitas modul pembelajaran berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan menganalisis dan karakter komunikatif siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan 10 tahap model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Banguntapan. Pengumpulan data pada studi pendahuluan menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Kelayakan produk ditentukan melalui validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa. Keefektifan produk ditentukan melalui pretest dan posttest pada uji coba operasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas, independent sample t-test, dan MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Pada studi ini telah dihasilkan modul saintifik pembelajaran berbasis saintifik yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis dan karakter komunikatif untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan modul pembelajaran berbasis saintifik memenuhi kelayakan berdasarkan pada: (1) ahli materi dengan skor 144 kategori “layak”, (2) ahli media dengan skor 194 kategori “layak”, (3) respon guru dengan skor rata-rata 65 kategori “sangat layak” dan (4) respon siswa dengan skor rata-rata 13,99 kategori “sangat layak”. Nilai signifikansi pada uji independent sample t-test kemampuan menganalisis dan karakter komunikatif, masing-masing sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut <0,05 yang artinya terdapat pengaruh modul terhadap kemampuan menganalisis dan karakter komunikatif siswa. Hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi yang didapat pada studi ini < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan menganalisis dan karakter komunikatif siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan modul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran berbasis saintifik, kemampuan menganalisis, karakter komunikatif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:46
Last Modified: 08 Dec 2022 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75597

Actions (login required)

View Item View Item