Pengembangan Media Large Movable Alphabet Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Gugus IV Depok Sleman

ANDRIYANI, FRANCISCA LISA (2022) Pengembangan Media Large Movable Alphabet Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Gugus IV Depok Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_francisca lisa andriyani_20712251041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca permulaan, 2) menghasilkan media yang praktis digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca permulaan, 3) menghasilkan media yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca permulaan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research & Development (R&D) versi ADDIE yang mencakup lima langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba lapangan awal yaitu 9 siswa SD Negeri Ketangi. Subjek uji coba lapangan utama yaitu 8 siswa SD Negeri Banjarejo dan 13 siswa SD Negeri Bumirejo. Subjek penelitian ini yaitu SD Negeri Deresan, SD Negeri Caturtunggal 7, SD Negeri Samirono, SD Muhammadiyah Komplek Kolombo, SD Kanisius Demangan Baru 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, skala psikologi, dan tes. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji besarnya peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media large movable alphabet memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan ahli materi dan ahli media 2) media large movable alphabet memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan responssiswa dan respons guru, dan 3) media large movable alphabet efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca permulaan belajar siswa kelas I SD. Hal ini dibuktikan dengan skor kelayakan dan kepraktisan memenuhi batas minimum 3.5. Selain itu, berdasarkan uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji besarnya peningkan, media sudah memenuhi kriteria keefektifan dengan memperoleh nilai sig < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media large movable alphabet, metode montessori, motivasi belajar, dan kemampuan membaca permulaan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:05
Last Modified: 08 Dec 2022 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75586

Actions (login required)

View Item View Item