Analisis Konten HOT (Higher Order Thinking) pada Buku Teks Pegangan Siswa dan Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas III Tema 5 Cuaca

ARIFIN, TIYAS (2022) Analisis Konten HOT (Higher Order Thinking) pada Buku Teks Pegangan Siswa dan Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas III Tema 5 Cuaca. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_tiyas arifin_19712251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) konten HOT pada aspek analisis, (2) konten HOT pada aspek evaluasi, serta (3) konten HOT pada aspek berkreasi/mencipta yang ada pada buku teks pegangan siswa dan guru Kurikulum 2013 kelas III tema 5 Cuaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Hal ini berarti implikasi terbatas pada situasi tertentu. Subjek pada penelitian ini adalah buku teks pegangan siswa dan guru tematik terpadu Kurikulum 2013 kelas III tema 5 Cuaca karena sesuai dengan permasalahan yang ditemukan. Objek penelitian ini adalah konten HOT. Unit analisis penelitian ini adalah materi atau instruksi dalam buku yang berupa teks atau gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan membaca dan mencatat dengan cermat. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar analisis dokumen yang sudah melalui proses validasi expert judgement dan juga sesuai dengan landasan teori penelitian ini. Validitas menggunakan validitas semantik untuk menilai kesesuaian antara teks dengan konteks. Reliabilitas menggunakan stability dengan pengulangan dan reproducibily dengan diskusi dan konfirmasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari unitizing, sampling, recording/coding, reducing, inferring, dan naratting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten HOT yang ada dalam buku pegangan siswa dan guru kurikulum 2013 kelas III tema 5 Cuaca secara keseluruhan sudah terpenuhi karena memuat semua aspek HOT, namun persebarannya tidak merata karena ada selisih yang cukup banyak di setiap indikator. Aspek menganalisis muncul sebanyak 67 atau sekitar 29,5%. Aspek evaluasi muncul sebanyak 56 atau sekitar 23,8%. Sementara aspek mengatribusi muncul sebanyak 109 atau sekitar 46,7%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi yang dapat digunakan guru dalam mempersiapkan pembelajaran dengan memfokuskan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki siswa. Kekurangan dari penelitian ini terletak pada kedalaman analisis peneliti dalam memahami konten HOT serta hanya menggunakan seorang validator saja. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam mengembangkan sebuah buku yang komprehensif serta mengandung konten HOT yang seimbang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis konten, buku tematik K13, HOT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:33
Last Modified: 07 Dec 2022 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75576

Actions (login required)

View Item View Item