Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif secara Daring di Wilayah Administrasi Kota Jakarta Pusat

FITRIANI, WINDI (2022) Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif secara Daring di Wilayah Administrasi Kota Jakarta Pusat. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_windi fitriani_19712251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

: . Tesis. Yogyakarya: Fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2022 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kesiapan guru SD di wilayah administrasi Kota Jakarta Pusat dalam pelaksanaan pembelajaran tematik intgratif secara daring dilihat dari persepsi mereka untuk mampu mengajar daring, dan 2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan guru SD di wilayah administrasi Kota Jakarta Pusat memiliki kesiapan sangat tinggi dan sangat rendah dalam melaksanakan pembelajaran tematik integratif secara daring. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode campuran (mixed method) tipe explanatory sequential design. Populasi penelitian adalah 1806 guru SD di wilayah administrasi kota Jakarta Pusat. Ukuran sampel minimal untuk data kuantitatif ditentukan dengan rumus Krejcie & Morgan sebesar 317, dilanjutkan penentuan sampel menggunakan teknik proportionate cluster random sampling. Sumber data penelitian kualitatif adalah enam guru SD di wilayah administrasi kota Jakarta Pusat yang memiliki kesiapan sangat tinggi dan sangat rendah berdasarkan pengukuran menggunakan skala kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif secara daring. Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui survei, sedangkan pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen kuantitatif menggunakan skala kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif secara daring dengan reliabilitas sebesar 0.948, sedangkan instrumen kualitatif adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 25 untuk melihat kecenderungan dari data yang terkumpul, serta memberikan pemahaman mengenai keberagaman skor, sementara data kualitatif dianalisis menggunakan analisis data Mile, Huberman, & Saldana, berupa data condensation, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan: 1) lebih dari 80% guru di wilayah administrasi Kota Jakarta Pusat memiliki tingkat kesiapan tinggi dan sangat tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif secara daring; dan 2) faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan tingkat kesiapan tersebut yaitu persepsi terhadap pembelajaran daring, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daring, pelatihan yang diikuti untuk membiasakan diri dengan pembelajaran daring, dukungan dari kepala sekolah, dan kolaborasi dengan rekan kerja dalam menyiapkan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan guru, pembelajaran daring, tematik integratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:27
Last Modified: 07 Dec 2022 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75574

Actions (login required)

View Item View Item