Pengembangan Multimedia Interaktif Keragaman Budaya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas V SD Se-Gugus Jejeran

AMBARWATI, DEWI (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Keragaman Budaya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas V SD Se-Gugus Jejeran. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dewi ambarwati_20712251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif keragaman budaya layak, (2) mengetahui keefektifan multimedia interaktif keragaman budaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas V SD SeGugus Jejeran dan (3) mengetahui kepraktisan multimedia interaktif keragaman budaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan di Gugus Jejeran, Pleret, Bantul yang mengacu pada 5 langkah pengembangan ADDIE. Subjek uji coba terdiri atas 1 guru dan 1 siswa pada tahap one to one trial, 1 guru dan 8 siswa pada tahap small group trial, 1 guru 14 siswa pada tahap field trial, dan 56 siswa pada uji implementasi yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, skala, dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dan observasi awal sebagai studi pendahuluan. Data kuantitatif diperoleh dari angket need analysis, skala penilaian ahli, angket respon guru dan siswa, angket penilaian diri, penilaian observasi, dan tes. Skala penilaian ahli serta angket respon guru dan siswa digunakan untuk mengetahui kelayakan tang dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam lima kategori. Keefektifan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air dianalisis dengan skor N-gain, uji-t, dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) multimedia interaktif berbasis adobe flash memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil angket respon guru dan siswa dengan kriteria sangat layak; dan (2) multimedia interaktif berbasis adobe flash yang dihasilkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas V SD Se-Gugus Jejeran. Hasil analisis skor N-gain menunjukkan bahwa skor N-gain pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji-t dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis adobe flash dapat meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas V SD Se-Gugus Jejeran secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif keragaman budaya, pemahaman konsep, karakter cinta tanah air
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:23
Last Modified: 07 Dec 2022 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75573

Actions (login required)

View Item View Item