Pengaruh Buku Cerita Bergambar Elektronik dan Teks Cerita Terhadap Minat Baca Anak Kelas IV Sekolah Dasar se-Kelurahan Melayu Muara Teweh.

SUKMA, LARAS ARYANDINI (2022) Pengaruh Buku Cerita Bergambar Elektronik dan Teks Cerita Terhadap Minat Baca Anak Kelas IV Sekolah Dasar se-Kelurahan Melayu Muara Teweh. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_laras aryandini sukma_20712251040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh buku cerita bergambar elektronik terhadap minat baca anak kelas IV sekolah dasar se-Kelurahan Melayu Muara Teweh (2) mengetahui pengaruh teks cerita terhadap minat baca anak kelas IV sekolah dasar se-Kelurahan Melayu Muara Teweh (3) mengetahui perbedaan pengaruh buku cerita bergambar elektronik dan teks cerita terhadap minat baca anak kelas IV sekolah dasar seKelurahan Melayu Muara Teweh. Penelitian ini’ adalah jenis penelitian quasi experimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini anak kelas IV sekolah dasar di sekolah dasar se-Kelurahan Melayu, Muara Teweh dengan sampel penelitian 70 anak dari sekolah dasar negeri 7 dan 10 Melayu. Sampel penelitian dibagi dua kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik simple cluster sampling. Kelas eksperimen dengan jumlah 35 anak menggunakan buku cerita bergambar elektronik dan kelas kontrol dengan jumlah 35 anak menggunakan teks cerita. Instrument yang digunakan adalah skala minat baca. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat normalitas dan reliabilitas, uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-Test dan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku cerita bergambar elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca anak kelas IV sekolah dasar seKelurahan Melayu Muara Teweh, berdasarkan hasil uji paired sampel t-Test yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti memberikan pengaruh, indikator yang memberikan pengaruh paling besar adalah indikator keinginan mendapat persentase skor 93% (2) teks cerita berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca anak kelas IV sekolah dasar seKelurahan Melayu Muara Teweh, berdasarkan uji paired sampel t-Test yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti memberikan pengaruh, indikator yang memberikan pengaruh paling besar adalah keinginan mendapat persentase skor 90%. (3) buku cerita bergambar elektronik lebih berpengaruh daripada teks cerita terhadap minat baca anak kelas IV sekolah Dasar seKelurahan Melayu Muara Teweh, ditunjukan dari uji independent t-test pada data posttest adalah 0.001, ini berarti terdapat perbedaan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca anak kelas IV sekolah Dasar se-Kelurahan Melayu, Muara Teweh.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Bergambar Elektronik, Teks Cerita, Minat Baca Anak.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:51
Last Modified: 07 Dec 2022 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75572

Actions (login required)

View Item View Item