Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Se-Kabupaten Tanah Bumbu

NORKHOLIZAH, NORKHOLIZAH (2022) Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Se-Kabupaten Tanah Bumbu. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_norkholizah_20712251047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Prestasi belajar Matematika yang rendah akan mempengaruhi kecerdasan intelektual siswa secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui seberapa rendah prestasi belajar Matematika siswa kelas V seKabupaten Tanah Bumbu; (2) mengetahui signifikansi pengaruh simultan disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika; (3) mengetahui signifikansi pengaruh parsial disiplin belajar terhadap prestasi belajar Matematika; dan (4) mengetahui signifikansi pengaruh parsial motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 3.021 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 353 siswa. Teknik pengambilan data berupa teknik tes dan skala psikologi yang diujicobakan kepada 200 siswa. Uji validitas instrument meliputi uji validitas isi dan konstruk. Uji validitas isi dilakukan melalui penilaian dari tiga orang expert sedangkan uji validitas konstruk dilakukan melalui analisis faktor konfirmatori. Analisis faktor konfirmatori juga dilakukan untuk mengestimasi uji reliabilitas konstruk dan komposit. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas menggunakan metode chi square, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa (1) presentase rata-rata prestasi belajar Matematika siswa kelas V se-Kabupaten Tanah Bumbu sebesar 55% dan berada pada kategori sangat rendah; (2) disiplin belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 68,8% terhadap prestasi belajar Matematika; (3) disiplin belajar secara parsial berpengaruh signifikan sebesar 24,49% terhadap prestasi belajar Matematika; dan (4) motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan sebesar 44,36%, terhadap prestasi belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar Matematika, disiplin belajar, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:35
Last Modified: 07 Dec 2022 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75569

Actions (login required)

View Item View Item