Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Menikatkan Efikasi Diri dan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD

AL KAMIL, MUHAMMAD NAZIMUDDIN (2022) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Menikatkan Efikasi Diri dan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_muhammad nazimuddin al kamil_19712251060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar digital yang ditinjau dari aspek kelayakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli dan mengetahui kepraktisan serta keefektifan buku cerita bergambar digital dalam meningkatkan efikasi diri dan minat belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall yang terdiri atas 10 langkah, yaitu: 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi produk operasional, 8) uji coba operasional, 9) revisi produk akhir, dan 10) implementasi dan diseminasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jumlah subjek pada uji coba lapangan awal terdiri dari 8 siswa dan 1 guru kelas, pada uji coba lapangan utama terdiri dari 15 siswa dan 1 guru kelas, dan pada uji coba lapangan operasional terdiri dari 50 siswa dan 2 guru kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, skala, dan angket. Analisis data menggunakan uji N Gain, Independent Sample t Test, Paired Sample t Test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar digital layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 4,0 dengan kategori “layak” dan hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 4,3 dengan kategori “sangat layak” serta praktis digunakan berdasarkan hasil angket respon guru memperoleh skor sebesar 4,2 dengan kategori “sangat layak” dan hasil respon siswa memperoleh skor sebesar 4,1 dengan kategori “layak”. Hasil dari uji N Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan efikasi diri dan minat belajar siswa pada kelompok eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kemudian hasil uji Independent Sample t Test, Paired Sample t Test, dan uji MANOVA memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan jika buku cerita bergambar digital efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan minat belajar siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar digital, efikasi diri, minat belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:18
Last Modified: 08 Dec 2022 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75568

Actions (login required)

View Item View Item