Pengembangan Media Hand Puppet Book Berbasis Ecoliteracy untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Cinta Lingkungan pada Siswa Kelas V SD di Kecamatan Bendosari

MEGAWATININGTYAS, DEVI (2022) Pengembangan Media Hand Puppet Book Berbasis Ecoliteracy untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Cinta Lingkungan pada Siswa Kelas V SD di Kecamatan Bendosari. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_devi megawatiningtyas_17712251039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media hand puppet book berbasis ecoliteracy yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan karakter cinta lingkungan siswa kelas IV SD di Kecamatan Bendosari, (2) menghasilkan media hand puppet book berbasis ecoliteracy yang praktis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan karakter cinta lingkungan siswa kelas IV SD di Kecamatan Bendosari, dan (3) mengetahui keefektifan media hand puppet book berbasis ecoliteracy untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan karakter cinta lingkungan siswa kelas V SD di Kecamatan Bendosari. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, yakni: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji lapangan pendahuluan, 5) revisi produk hasil uji lapangan pendahuluan, 6) uji lapangan utama, 7) revisi produk hasil uji lapangan utama, 8) uji lapangan operasional, 9) penyempurnaan produk akhir, dan 10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Bendosari. Pengumpulan data pada studi awal dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan bahasa, serta respon guru dan siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, independent sample t-test, normalitas multivariat, homogenitas varian kovarian, dan MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian berupa pengembangan media hand puppet book berbasis ecoliteracy yang memuat materi ecoliteracy, berpikir kritis, dan cinta lingkungan. Media tersebut layak digunakan berdasarkan validasi ahli media, ahli materi dan bahasa dengan kategori “sangat layak”. Media tersebut praktis digunakan berdasakan respon guru dan siswa dengan kategori “sangat layak”. Uji independent sample t-test pada keterampilan berpikir kritis menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (kelas kontrol-eksperimen I) dan 0,000 (kelas kontrol-eksperimen II). Nilai signifikansi yang diperoleh <0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan media terhadap keterampilan berpikir kritis. Independent sample t-test pada karakter cinta lingkungan menghasilkan nilai signifikansi 0,002 (kelas kontrol-eksperimen I) dan 0,010 (kelas kontroleksperimen II), yang berarti bahwa terdapat pengaruh media terhadap karakter cinta lingkungan. Sementara itu, hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan media terhadap keterampilan berpikir kritis dan karakter cinta lingkungan siswa kelas V SD di Kecamatan Bendosari.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hand puppet book berbasis ecoliteracy, keterampilan berpikir kritis karakter cinta lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:03
Last Modified: 08 Dec 2022 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75561

Actions (login required)

View Item View Item