Pengaruh Pembelajaran STEM BerbasisKearifan Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SD

MUKAROMAH, LATIFATUN (2022) Pengaruh Pembelajaran STEM BerbasisKearifan Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_latifatun mukaromah_20712251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad 21 berkembang sangat pesat. Pembelajaran IPA menekankan pada pengalaman belajar secara langsung melalui Keterampilan Proses Sains (KPS). Akan tetapi pembelajaran IPA yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Gugus III Kotagede belum memunculkan keterampilan proses sains, sehingga pembelajaran belum sesuai untuk menghadapi tantangan abad 21. Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) adalah salah satu cara untuk menghadapi tantangan abad 21. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan proses sains dasar dan hasil belajar muatan pelajaran IPA pada siswa SD. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Nonequivalent Comparison-Group Design. Penelitian ini dilakukan di SD Gugus III Kotagede. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD N Kotagede 4 dan SD N Ndalem. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, rubrik, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, panduan observasi, rubrik keterampilan proses sains dasar pada Lembar Kerja Siswa (LKS), dan penilaian soal tes hasil belajar kognitif muatan pelajaran IPA. Hasil uji validitas soal tes menunjukkan terdapat 1 item dengan koefisien korelasi tinggi, 26 item dengan koefisien korelasi cukup, dan 3 item dengan koefisien korelasi sangat rendah. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha, hasilnya yaitu 0,869579 dengan kriteria tinggi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji deskriptif statistik dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains dasar dengan p-value 0,000 < 0,05 dan effect size sebesar 0,773 yang termasuk dalam kategori “Besar”, (2) adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar afektif dengan p-value 0,000 < 0,05 dan effect size sebesar 0,328 yang termasuk dalam kategori “Besar”, dan 3) adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif dengan p-value 0,001 < 0,05 dan effect size sebesar 0,196 yang termasuk dalam kategori “Besar”. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran STEM berbasis kearifan lokal lebih memiliki pengaruh terhadap keterampilan proses sains dasar, hasil belajar afektif, dan hasil belajar kognitif dibandingkan dengan pembelajaran example non-example. Guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran STEM berbasis kearifan lokal dalam muatan pelajaran IPA karena memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dasar dan hasil belajar muatan pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: STEM, kearifan lokal, keterampilan proses sains dasar, hasil belajar muatan pelajaran IPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:57
Last Modified: 08 Dec 2022 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75560

Actions (login required)

View Item View Item