Pengembangan Komik Digital Berbasis Multikultural Pengaruhnya Terhadap Minat Baca dan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

ANGGITO, ALBI (2022) Pengembangan Komik Digital Berbasis Multikultural Pengaruhnya Terhadap Minat Baca dan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_albi anggito_20712251027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kelayakan komik digital untuk meningkatkan minat baca dan karakter peduli sosial siswa kelas IV SD, 2) mengetahui keparaktisan komik digital untuk meningkatkan minat baca dan karakter peduli sosial siswa kelas IV SD, dan 3) menguji keefektifan komik digital minat baca dan karakter peduli sosial siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini dilakukan di gugus Jejeran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DIY dengan mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri atas 9 siswa pada tahap uji coba lapangan awal, 18 siswa pada uji coba lapangan utama dan 40 siswa pada uji coba lapangan operasional yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan skala. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan observasi awal saat studi pendahuluan. Data kuantitatif diperoleh dari angket need analysis, skala penilaian ahli, skala respon pengguna, dan skala penilaian diri. Skala penilaian ahli materi dan media pembelajaran digunakan untuk mengetahui kelayakan yang dianalisis dengan menggunakan konversi skor ke dalam 4 kategori. Skala respon pengguna digunakan untuk mengetahui kepraktisan media komik digital. Keefektifan komik digital berbasis multikultural dalam meningkatkan minat baca dan karakter peduli sosial dianalisis dengan skor N-gain, uji-t, dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan komik digital (e-comic) yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas IV SD, (2) komik digital memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media masing-masing mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,00 dan 3,72 dengan kategori “sangat layak”, 3) komik digital memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil skala respon guru dan respon siswa pada uji coba lapangan awal dan ujicoba lapangan utama dengan kategori “sangat baik”. 4) komik digital yang dihasilkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan minat baca dan karakter peduli sosial siswa kelas IV. Hasil uji MANOVA menunjukkan bahwa komik digital berbasis multikultural mampu meningkatkan minat baca dan karakter peduli sosial siswa kelas IV secara signifikan dengan nilai signifikansi p ≤ 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media komik digital, multikultural, minat baca, peduli sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:10
Last Modified: 07 Dec 2022 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75557

Actions (login required)

View Item View Item