Pengembangan E-modul Interaktif Materi Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

RAHMAN, ZULFAN HANIF (2022) Pengembangan E-modul Interaktif Materi Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_zulfan hanif rahman_19712251053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kemajuan jaman tidak lepas dari kemajuan teknologi dan informasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan e-modul interaktif. Adapun fokus penelitian ini berpusat pada meningkatkan minat belajar dan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Kualitas e-modul interaktif ditinjau dari kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian sebanyak 48 siswa kelas IV sekolah dasar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar penilaian ahli materi, ahli media, penilaian guru dan siswa, angket minat, serta tes berpikir kritis. E-modul interaktif dinyatakan efektif apabila 1) terdapat perbedaan rata-rata skor minat belajar dan berpikir kritis siswa, 2) terdapat 75% proporsi minat belajar dan berpikir kritis dengan minimal kategori baik. Perbedaan rerata skor minat belajar dan berpikir kritis dilihat dengan menggunakan uji independent sample t test dan uji Manova serta uji z untuk mengukur proporsi. Hasil penelitian kelayakan didapatkan skor dari ahli materi sebesar 86,08% dan ahli media sebesar 89,56%. Hasil penilaian respon guru pada uji coba awal mendapatkan skor 85%, sedangkan pada uji coba lapangan utama didapatkan skor 87,50%. Penilaian respon dari siswa pada uji coba awal didapatkan skor 85,67%, sedangkan pada uji coba lapangan utama penilaian respon siswa mendapatkan skor 86%. Hasil dari keefektifan didapatkan adanya perbedaan rerata skor minat belajar dan berpikir kritis siswa lebih tinggi pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Hal tersebut terlihat dari nlai signifikansi yang diperoleh yakni < 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, e-modul interaktif, minat belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:03
Last Modified: 07 Dec 2022 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75554

Actions (login required)

View Item View Item