Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Type make a match dan STAD terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Narmada.

Rosdianti, Hery (2022) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Type make a match dan STAD terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Narmada. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_hery rosdianti_18712251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh make a match terhadap keaktifan, (2) pengaruh STAD terhadap keaktifan, (3) perbedaan pengaruh keaktifan kelompok siswa yang diajar menggunakan make a match dan STAD, (4) pengaruh make a match terhadap pemahaman konsep IPS, (5) pengaruh STAD terhadap pemahaman konsep IPS, (6) perbedaan pengaruh pemahaman konsep IPS kelompok siswa yang diajar menggunakan make a match dan STAD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah sekolah dasar gugus VI kecamatan Narmada, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V di 2 sekolah anggota gugus VI yaitu SDN 1 Sedau sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran STAD dan SDN 2 Sedau sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran make a match. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dependent t-test dan independent t-test/Anava. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan make a match terhadap keaktifan, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan STAD terhadap keaktifan, (3) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada keaktifan kelompok siswa yang diajar menggunakan make a match dan STAD, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan make a match terhadap pemahaman konsep IPS, (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan STAD terhadap pemahaman konsep IPS, (6) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada pemahaman konsep IPS kelompok siswa yang diajar menggunakan make a match dan STAD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: make a match, STAD, keaktifan, pemahaman konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:32
Last Modified: 07 Dec 2022 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75552

Actions (login required)

View Item View Item