Evaluasi Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi di MAN Yogyakarta pada Masa Pandemi COVID-19.

Luthfi, Nurrana Fitria and Supahar, Supahar (2022) Evaluasi Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi di MAN Yogyakarta pada Masa Pandemi COVID-19. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nurrana fitria luthfi-19701251038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran daring mata pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan model evaluasi CIPO mencakup context, input, process, dan outcomes. Sumber informasi penelitian ini adalah stakeholder internal dan stakeholder eksternal MAN Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui telaah, wawancara, observasi, dan dokumentasi, menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan daftar dokumen yang diperlukan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program daring sesuai dengan kebijakan pembelajaran di masa darurat COVID-19 dengan tujuan pencegahan penularan virus maka dilakukan belajar dari rumah, dengan rincian sebagai berikut. (1) Pada dimensi context, tujuan program pembelajaran daring sesuai dengan kebijakan pemerintah, yaitu pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring. (2) Pada dimensi input, madrasah telah mempersiapkan guru Biologi dan peserta didik kelas MIPA berpartisipasi penuh untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar secara daring sesuai panduan pembelajaran di masa darurat COVID-19. Sumber daya teknologi dan fasilitas sarana prasarana berbasis digitalisasi, sebagai penunjang kebutuhan pembelajaran daring telah tercapai sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan peserta didik dan pendidik guru Biologi di MAN Yogyakarta. Sedangkan capaian tujuan pembelajaran Biolog selama program daring mengacu pada kurikulum darurat untuk mencapai kompetensi dasar esensial. (3) Pada dimensi process, berkaitan dengan persiapan pembelajaran daring Biologi pada tingkat self- directed individu, pendidik menerapkan standar kompetensi guru Biologi yang dikorelasikan dengan penerapan teknologi dalam pembelajaran selama daring telah tercapai, melalui kesesuaian media dan bahan ajar terhadap kebutuhan tujuan pembelajaran Biologi secara daring. Berkaitan dengan pelaksanaan, interaksi dilakukan sesuai dengan skema interaksi secara daring yaitu synchronous dan asynchronous dan telah tercapai dengan penggunaan platform berbasis digital, dan perlu ditindak lanjuti keterlaksanaan pembelajaran Biologi melalui kegiatan praktikum secara daring. Adanya hambatan dan dukungan menjadikan pembelajaran daring di MAN Yogyakarta sebagai peluang dan tantangan dalam kajian pembelajaran yang berbasis digital. (4) Pada dimensi outcomes, telah ditelisik capaian alokasi waktu short term, middle term, dan long term serta ditinjau keefektifan dan efisiensi program pembelajaran daring selama pembelajaran darurat di masa pandemi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CIPO, evaluasi, program pembelajaran daring.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:44
Last Modified: 07 Dec 2022 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75549

Actions (login required)

View Item View Item