Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas IV SD Telkom Kota Makassar

FATIMAH, FATUN (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas IV SD Telkom Kota Makassar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_fatun fatimah azahra syamsuddin_19712251069.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan Dessiminate (Penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas empat di Sekolah Dasar Telkom Makassar. Jumlah subjek pada uji coba lapangan terbatas terdiri dari 30 siswa dan 1 orang guru, dan pada uji coba lapangan operasional terdiri dari 49 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan uji N Gain, Independent Samples t Test, Paired Samples t Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash layak digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan media serta hasil angket respon guru dan siswa. Hasil uji N Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhapat pemahaman konsep dan motivasi belajar pada kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kemudian hasil uji Independent Samples t Test, Paired Samples t Test dan uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, Adobe Flash, pemahaman konsep, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:37
Last Modified: 07 Dec 2022 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75546

Actions (login required)

View Item View Item