Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD

Fatmawati, Fatmawati (2022) Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_fatmawati_18712254002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan langkah-langkah pengembangan instrumen soal higher order thinking skills (HOTS) matematika pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD; dan (2) mengetahui kelayakan instrumen soal higher order thinking skills (HOTS) matematika pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian design based research dengan menggunakan model pengembangan Djemari Mardapi (2008: 88) yang mencakup dua tahapan yaitu tahap perancangan dan tahap uji coba. Tahapannya meliputi: (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis soal tes, (3) menelaah soal tes, (4) melakukan uji coba tes, (5) menganalisis butir soal, (6), memperbaiki tes, (7) merakit tes (8) melaksanakan tes, (9) menafsirkan hasil tes. Subjek penelitian sebanyak 150 siswa kelas IV SD yang terdiri dari enam sekolah dasar yaitu SD Bhakti Insani, SD Denggung, SD Dukuh 2, SD Sleman 3, SD Sleman 1, SD Pangukan. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal HOTS yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Langkah-langkah pengembangan instrumen soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) untuk siswa kelas IV SD dilakukan dengan dua tahapan yaitu tahap perancangan dan tahap uji coba. Tahap perancangan terdiri dari menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, dan menelaah soal tes. Tahap uji coba terdiri dari menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, dan menelaah soal tes. (2) Kelayakan instrumen soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) berdasarkan ahli materi memperoleh penilaian sangat layak sebesar 100,00%. Hal ini menunjukkan bahwa materi pada instrumen soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) telah memenuhi kriteria layak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga layak digunakan sebagai instrumen soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) untuk siswa kelas IV SD. Kelayakan instrumen soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) berdasarkan ahli telaah butir soal memperoleh penilaian sangat layak sebesar 100,00%. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) telah memenuhi kriteria sangat layak untuk digunakan sebagai instrumen soal Higher Order Thingking Skill (HOTS) siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:35
Last Modified: 07 Dec 2022 01:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75545

Actions (login required)

View Item View Item