MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS NILAI–NILAI BUDAYA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

RUDYANTO, HENDRA ERIK (2021) MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS NILAI–NILAI BUDAYA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hendra erik rudyanto_16706261001.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menguji kelayakan model pembelajaran matematika realistik berbasis nilai-nilai budaya Jawa untuk siswa sekolah dasar, (2) Menguji keefektifan model pembelajaran matematika realistik berbasis nilai-nilai budaya Jawa untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar, (3) Menguji tingkat kepraktisan model pembelajaran matematika realistik berbasis nilai-nilai budaya Jawa jika diterapkan dalam pembelajaran, (4) Mengetahui gambaran hasil pengembangan model pembelajaran matematika realistik berbasis nilai–nilai budaya Jawa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Metode penelitian pengembangan ini mengikuti tahapan model ADDIE yang meliputi langkah analyze, design, develop, implementation, evaluate. Ujicoba terbatas melibatkan 36 siswa kelas V SDN Garon, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, dan ujicoba diperluas melibatkan 130 siswa dari empat sekolah dasar di Kabupaten Magetan. Data yang dikumpulkan meliputi data survei analisis kebutuhan yang berupa wawancara dan observasi, data kelayakan model dengan skala, data keterlaksanaan model pembelajaran dengan skala, dan data keefektifan model pembelajaran dengan tes kemampuan koneksi matematis. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat layak. Kualitas kelayakan model pembelajaran telah memenuhi kriteria valid/layak, yaitu dengan skor 3,1. (2) Model pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, hal tersebut dapat dilihat adanya perbedaan yang signifikan pembelajaran dengan MPMR-BNNBJ lebih baik (M = 78.42) daripada kelas konvensional (M = 68,86). Berdasarkan uji peningkatan kemampuan koneksi matematis pada skor n- gain pretes (M = 64,88) dan postes (M = 78,42) pada kelas eksperimen berada pada kriteria peningkatan sedang (N-gain score = 0,4). Sedangkan uji peningkatan N- gain pada kelas kontrol berada pada kriteria peningkatan rendah (N-gain score = 0,04), (3) Model pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat kepratisan berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan model, kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, serta respon guru dan siswa. (4) Hasil implementasi model pembelajaran matematika realistik berbasis nilai-nilai budaya Jawa untuk siswa sekolah dasar ini memberikan dampak yang baik terhadap kemampuan koneksi matematis dan proses pembelajaran matematika. Prinsip pengembangan MPMR-BNNBJ memadukan pembelajaran matematika realistik dengan nilai-nilai budaya Jawa sehingga pembelajaran lebih bermakna dan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kemampuan koneksi matematis, matematika realistik, nilai-nilai budaya Jawa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:03
Last Modified: 07 Dec 2022 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75541

Actions (login required)

View Item View Item