DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR

STEVANUS, IVAN (2021) DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ivan stevanus_16706261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan model sequential explanatory. Subjek penelitian merupakan siswa kelas II SD berjumlah 251 siswa dan siswa V SD berjumlah 230 siswa. SD yang dijadikan tempat penelitian terdapat di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat yang terdiri dari 4 (empat) SD yaitu 2 (dua) SD Negeri dan 2 (dua) SD Swasta. Pengumpulan data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh dengan teknik angket, wawancara, dan observasi. Data kuantitatif dipersentasekan dan disajikan dalam bentuk tabel dan bagan untuk mengukur dampak penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial dan bahasa siswa, data diolah dan dianalisis dengan statistik inferensial sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. Pertama. Penggunaan gawai di kalangan siswa SD telah dikenal sebelum memasuki TK, individu yang mengenalkan gawai adalah orang tua siswa, gawai yang digunakan siswa adalah smartphone, fitur permainan adalah yang menarik bagi siswa, siswa lebih senang bersama teman dalam bermain gawai, intensitas penggunaan gawai siswa berkisar sampai 2 jam lebih dalam sehari, gawai merupakan teman pengganti kesendirian, penggunaan gawai diatur oleh orang tua siswa di rumah, gawai digunakan untuk belajar dalam mata pelajaran, gawai dilarang digunakan di sekolah dan diperbolehkan di rumah, dan gawai digunakan guru untuk belajar di kelas. Kedua. Ada dampak antara penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial siswa SD. Hasil perhitungan melalui analisis regresi menunjukkan hasil perhitungan sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan gawai siswa baik di rumah dan sekolah memberi dampak terhadap perkembangan sosial siswa. Siswa tetap mampu bersosialisasi dengan teman sebayanya yang ditunjukkan dengan memahami keadaan emosional temannya, siswa dapat menerima dirinya dan dapat menjaga pertemanan, siswa mengenali pikiran, sikap, dan perasaan temannya dan membantu meningkatkan well being temannya. Ketiga. Ada dampak penggunaan gawai terhadap perkembangan bahasa siswa SD. Hasil perhitungan melalui analisis regresi menunjukkan hasil perhitungan sebesar 0,001. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan gawai siswa baik di rumah dan sekolah memberi dampak terhadap perkembangan bahasa siswa. Kempat. Ada dampak antara profil penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial dan bahasa siswa SD dimana terjadinya perubahan pada perkembangan sosial dan bahasa siswa kelas II dan V SD pengguna gawai menunjukkan ada proses perubahan perkembangan yang terjadi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Dampak gawai, perkembangan sosial, perkembangan bahasa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:01
Last Modified: 07 Dec 2022 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75540

Actions (login required)

View Item View Item