Pengaruh Media Aplikasi Permainan Berbasis Android Terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

NOOR, ALFANSI ROUF (2022) Pengaruh Media Aplikasi Permainan Berbasis Android Terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_alfansi rouf noor_18712254005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi permainan berbasis android terhadap minat belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa, Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu desain nonequivalent pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Tempel. Sampel penelitian ini berjumlah 87 siswa, terdiri dari 48 siswa kelas V di SDN Klegung 1 sebagai kelas eksperimen dan 39 siswa kelas V di SDN Margorejo sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data terdiri dari tes keterampilan berpikir kritis berupa soal uraian dan skala minat belajar siswa. Validasi yang digunakan berupa validasi konten melalui expert judgment dan validasi empirik melalui uji validitas. Hasil validasi menunjukkan instrumen bersifat valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis uji paired-samples t-test untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan, MANOVA untuk melihat perbedaan pada kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan media aplikasi permainan berbasis android. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) penggunaan media aplikasi permainan berbasis android berpengaruh terhadap minat belajar, 2) penggunaan media aplikasi permainan berbasis android berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, 3) penggunaan media aplikasi permainan berbasis android lebih berpengaruh dibandingkan penggunaan video pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media aplikasi permainan berbasis android, minat belajar, keterampilan berpikir kritis siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:53
Last Modified: 06 Dec 2022 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75531

Actions (login required)

View Item View Item