Pengembangan Komik Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD

Prasodjo, Bayu (2022) Pengembangan Komik Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_bayu prasodjo_19712251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik digital yang membantu siswa melatih berpikir kritis dan menulis karangan narasi ditinjau dari kelayakan hasil validasi ahli dan mengetahui keefektifan komik digital dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi dan berpikir kritis. Pengembangan komik digital mengikuti spesifikasi ilustratif, media dan materi menyesuaikan pembelajaran daring. Keterampilan berpikir kritis dan menulis karangan narasi dapat ditingkatkan melalui bantuan media komik. Namun, masih sedikit media komik yang dapat digunakan dalam pembelajaran, terlebih dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan dari Borg & Gall (2003). Penelitian melibatkan tiga sekolah di kecamatan Pontianak Kota. Jumlah total subjek terdiri dari 94 siswa dan 3 guru. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis Bogdan & Biklen, uji N Gain, Independent Samples t Test, Paired Samples t Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik digital layak digunakan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji kepraktisan memperoleh hasil 4,92 (sangat layak) dan 3,43 (layak) dari angket guru dan siswa. Hasil uji N Gain menunjukkan besar peningkatan keterampilan berpikir kritis sebesar 0,18 kategori rendah dan menulis narasi sebesar 0,50 kategori sedang. Kemudian hasil uji Paired Samples t Test memperoleh signifikasi >0,05 sehingga, komik digital efektif meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dan berpikir kritis siswa. Namun dalam analisis Independent Samples t Test memperoleh nilai signifikasi 0,174 > 0,05. Sehingga menunjukkan keterampilan akhir siswa yang menggunakan komik digital dan buku cerita bergambar adalah sama. Hasil analisis uji MANOVA menunjukkan nilai signifikasi >0,05 sehingga mengindikasikan bahwa tidak terdapat perbedaan keterampilan membaca kritis dan menulis narasi secara bersama-sama

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komik digital, keterampilan berpikir kritis , keterampilan menulis narasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:46
Last Modified: 06 Dec 2022 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75529

Actions (login required)

View Item View Item