Pengembangan Media Smartcard Berbasis Multikultural untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

ROKHAYATI, ANIK (2022) Pengembangan Media Smartcard Berbasis Multikultural untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_anik rokhayati_18712254019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) menghasilkan media Smartcard berbasis multikultural yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD, dan (2) mengetahui keefektifan media smartcard berbasis multikultural yang dihasilkan terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall tahun 1983 yang terdiri dari 10 langkah, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji lapangan terbatas, (7) revisi produk, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk, dan (10) diseminasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, skala, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara guru, angket studi pendahuluan, skala validasi ahli, skala respon guru dan siswa, angket cinta tanah air, dan soal tes. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD di Kecamatan Godean, Sleman. Produk yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji-t, dan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media smartcard berbasis multikultural yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kelayakan menurut ahli materi, ahli media, dan respon guru serta siswa dengan kategori layak; (2) media smartcard berbasis multikultural efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV secara signifikan dengan skor 0,000 < 0,05

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: smartcard, multikultural, kemampuan berpikir kritis, karakter, cinta tanah air
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:44
Last Modified: 06 Dec 2022 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75528

Actions (login required)

View Item View Item