Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Bersumber Lingkungan Sosial Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD

SARI, RATNA WULAN (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Bersumber Lingkungan Sosial Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ratna wulan sari_18712251035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran tematik bermuatan IPS bersumber lingkungan sosial yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV SD di Gugus Gatot Subroto, dan (2) mengetahui keefektifan modul pembelajaran tematik bermuatan IPS bersumber lingkungan sosial dalam meningkatkan pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV SD di Gugus Gatot Subroto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (2003) yang terdiri atas sepuluh langkah pengembangan. Partisipan penelitian sejumlah 151 siswa dan lima guru di lima sekolah dasar di Gugus Gatot Subroto. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, dan tes pemahaman konsep. Instrumen pengumpulan data terdiri dari panduan wawancara guru, angket studi pendahuluan siswa, angket validasi ahli media, materi, dan instrumen, angket respon guru, angket respon siswa, angket penilaian sikap peduli lingkungan, dan tes kemampuan pemahaman konsep. Penilaian kelayakan memakai penilaian kuantitatif yang terdiri dari tiga kategori penilaian yaitu penilaian dari ahli media, ahli materi pembelajaran, dan instrument pembelajaran. Penilaian kepraktisan modul terdiri dari angket respon guru dan angket respon siswa. Analisis data pengujian keefektifan modul terhadap kemampuan pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan dianalisis menggunakan uji-t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran tematik bermuatan IPS bersumber lingkungan sosial memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, ahli materi pembelajaran, dan instrument pembelajaran yang masing-masing mendapatkan penilaian dengan kategori “sangat layak” untuk digunakan; (2) modul pembelajaran tematik bermuatan IPS bersumber lingkungan sosial memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil penilaian angket respon guru dan angket penilaian respon siswa yang mendapatkan penilaian dengan kategori “sangat layak”; (3) modul pembelajaran tematik bermuatan IPS bersumber lingkungan sosial efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV SD. Keefektifan ditunjukkan dari hasil uji-t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,001.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran tematik, berbasis lingkunga sosial, pemahaman konsep, dan sikap peduli lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:31
Last Modified: 06 Dec 2022 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75523

Actions (login required)

View Item View Item