Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Yudistira Kecamatan Kutowinangun

SUSILOWATI, ANI (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Yudistira Kecamatan Kutowinangun. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ani susilowati_16712251090.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis; 2) pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap terhadap kemandirian belajar siswa; 3) pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis; 4) pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar; 5) pengaruh model problem based learning dengan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis; 6) pengaruh antara model problem based learning dengan model inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, desain Nonequivalent Control Group Pretes-Postes Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data pada variabel keterampilan berpikir kritis menggunakan tes dan pada variabel kemandirian belajar menggunakan skala kemandirian belajar. Penelitian ini dimulai dengan analisis deskriptif, dilanjutkan uji asumsi prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk menjawab hipotesis digunakan uji Univariate Analysis of Variance dengan bantuan program IBM SPSS versi 25.0. Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) model pembelajaran problem based learning berpengaruh positif dan signfikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (2) model pembelajaran problem based learning berpengaruh positif dan signfikan terhadap kemandirian belajar siswa; (3) model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif dan signfikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (4) model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif dan signfikan terhadap kemandirian belajar siswa; (5) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (6) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IV SD Negeri di Gugus Yudistira Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Inquiry, keterampilan berpikir kritis, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:20
Last Modified: 06 Dec 2022 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75520

Actions (login required)

View Item View Item