WARIKAR, AMELIA (2022) PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS I SDN INPRES YOTEFA. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
fulltext_amelia warikar_20112251001.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Inpres Yotefa (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas I SDN Inpres Yotefa (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh kemampuan membaca permulaan siswa dengan diterapkannya penggunaan media kartu kata bergambar dibandingkan pembelajaran secara konvensional (4) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa dengan diterapkannya media kartu kata bergambar dibandingkan pembelajaran yang dilakukan secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SDN Inpres Yotefa yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa kelas I SDN Inpres Yotefa. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan buku Kurikulum 2013 dan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan media kartu kata bergambar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar unjuk kerja keterampilan membaca permulaan dan skala motivasi belajar siswa. Teknik analisis menggunakan uji paired sample t-Test dan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kartu kata bergambar berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Inpres Yotefa, (2) kartu kata bergambar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SDN Inpres Yotefa, (3) kartu kata bergambar lebih berpengaruh daripada buku kurikulum 2013 terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Inpres Yotefa, (4) kartu kata bergambar lebih berpengaruh daripada buku kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 SDN Inpres Yotefa.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu Kata Bergambar, kemampuan Membaca, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:49 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |