PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR INKLUSI-ADIWIYATA

NUGROHO, IKHLASUL ARDI (2022) PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR INKLUSI-ADIWIYATA. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ikhlasul ardi nugroho_17706261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Konsep Education for Sustainable Development (ESD) berangkat dari sebuah kebutuhan agar manusia memiliki kompetensi untuk hidup dan bertindak dalam cara yang bersahabat dengan lingkungan dan inklusif dalam pergaulan. Sayangnya, pendidikan di Indonesia masih belum seluruhnya bisa melayani inklusivitas dan keramahan lingkungan. Di sisi lain, sekolah inklusi-adiwiyata mampu mengembangkan inklusivitas dan pembelajaran ramah lingkungan secara terintegrasi, khususnya melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan pola kegiatan perencanaan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Giwangan sebagai sekolah inklusi dan sekolah adiwiyata; 2) menemukan pola kegiatan pembelajaran IPA bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi- adiwiyata; 3) menemukan pola penilaian dalam pembelajaran IPA di sekolah inklusi-adiwiyata, dan 4) menemukan pola kesatuan pembelajaran IPA di sekolah inklusi-adiwiyata Penelitian ini menggunakan metode studi kasus eksplanatori dengan desain single-case designs embedded sekolah inklusi-adiwiyata. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan guru pendamping khusus di SD Giwangan, Yogyakarta. Data dalam penelitian ini adalah data pola kegiatan perencanaan pembelajaran, pola kegiatan pembelajaran, dan pola kegiatan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah panduan wawancara, lembar obervasi, dan lembar studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan Spradley, yakni analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural. Temuan penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan pembelajaran diawali dari kepemimpinan transformasional dan kebijakan yang komprehensif dari kepala sekolah untuk mewujudkan pendidikan inklusif dan adiwiyata melalui perencanaan yang kolaboratif semua unsur sekolah; (2) Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam lingkungan kolaboratif yang mewujudkan integrasi fisik, sosial, dan pengajaran serta melatih keterampilan proses IPA yang merupakan hakikat IPA dalam konteks adiwiyata; (3) penilaian pembelajaran dilakukan secara kolaboratif dan memenuhi hak-hak peserta didik dalam pembelajaran inklusif; (4) Pembelajaran IPA secara inklusif dan ramah lingkungan terbentuk melalui kolaborasi pemimpin transformasional, warga sekolah dan institusi terkait, dan orang tua, konsistensi dalam menjalankan program, dan kemauan untuk terus berkembang.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, inklusi, adiwiyata
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:47
Last Modified: 06 Dec 2022 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75514

Actions (login required)

View Item View Item