MUHAMMAD, AZAMUL FADHLY NOOR (2022) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERBASIS LITERASI MATEMATIKA MELALUI ETNOMATEMATIKA DI CANDI BOROBUDUR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_azamul fadhly noor muhammad_17706261006.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan di sekolah dasar (SD) diasumsikan sebagai jenjang pemerolehan keterampilan dan pengetahuan dasar bagi siswa khususnya pada muatan pembelajaran matematika. Salah satu keterampilan dan pengetahuan yang masih jarang dipelajari oleh siswa adalah literasi matematika dan Etnomatematika. Hasil penelitian menunjukkan literasi matematika siswa SD masih rendah, salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan buku ajar berbasis literasi matematika oleh guru SD dalam pembelajaran matematika yang masih rendah. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan buku ajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan buku ajar matematika berbasis literasi matematika melalui etnomatematika yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika, 2) mengungkapkan keefektifan buku ajar matematika berbasis literasi matematika melalui etnomatematika yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika, 3) mengungkapkan kepraktisan buku ajar matematika berbasis literasi matematika melalui etnomatematika yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan prosedur Research & Development (R&D) Borg and Gall (2003) yang terdiri dari (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, (10) dissemination and implementation. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas IV di Gugus Jend. Sudirman Kec. Majenang Kab. Cilacap. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil analisis kebutuhan, validitas buku ajar, keterlaksanaan buku ajar pada pembelajaran dan angket respon guru dan siswa. Data kualitatif didapatkan dari data wawancara analisis kebutuhan dan data keterlaksanaan buku ajar berbasis literasi matematika melalui etnomatematika. Instrumen yang digunakan adalah angket, panduan wawancara, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan inferensial (t test), dan analisis data dari hasil pre-test dan post-test. Temuan penelitian sebagai berikut: (1) buku ajar berbasis literasi matematika melalui etnomatematika yang terdiri atas buku ajar, buku petunjuk penggunaan bagi guru dan orangtua. Buku ajar yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, (2) buku ajar berbasis literasi matematika melalui etnomatematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, (3) buku ajar yang dikembangkan yang dikembangkan mendapatkan kriteria praktis dalam hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Kesimpulan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa buku ajar berbasis literasi matematika melalui etnomatematika yang layak, efektif dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Saran pada penelitian ini buku ajar dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar. Kata kunci:
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika SD, Buku Ajar Berbasis Literasi Matematika, Etnomatematika, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:42 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75512 |
Actions (login required)
View Item |