PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI GUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA

BASKORO, GINANJAR SYNDU (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI GUGUS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ginanjar syndu baskoro_16712251051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran multiple intelligences terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperiment, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized pretest-posttest control grup design, menggunakan dua kelompok perlakuan, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di gugus Gedongtengen tahun pelajaran 2019/2020, dari 6 sekolah di gugus Gedongtengen dipilih secara acak dan terpilih dua sekolah yaitu SD Netral C sebagai kelas eksperimen dan SD Muhammadiyah Pringgokusuman sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar, angket minat belajar, dan angket kecenderungan kecerdasan siswa menurut teori multiple intelligences, setelah divalidasi oleh dosen validator instrument tersebut valid untuk penelitian ini. Untuk mengetahui reliabilitas instrument tes pestasi belajar, angket minat belajar, dan angket kecenderungan kecerdasan siswa menurut teori multiple intelligences menggunakan rumus Cronbach Alpha yang berkesimpulan bahwa penelitian ini reliable. Untuk membandingkan pengaruh strategi pembelajaran Multiple Intelligences terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol penelitian ini menggunakan uji t independent, sedangkan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Multiple Intelligences terhadap minat dan prestasi belajar siswa penelitian ini menggunakan uji pengaruh (effect size). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan menggunakan uji t independen diperoleh bahwa nilai signifikansi untuk prestasi belajar (2 tailed) yaitu 0,039 lebih kecil dari 0,05 dan hasil perhitungan nilai signifikansi untuk minat belajar (2 tailed) 0,046 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi belajar Multiple Intelligences berpengaruh terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan uji pengaruh strategi belajar Multiple Intelligences terhadap prestasi belajar sebesar 0,62 dan uji pengaruh strategi belajar Multiple Intelligences terhadap prestasi belajar sebesar 0,53, Terdapat pengaruh dengan interpretasi sedang penggunaan strategi belajar Multiple Intelligences pada kelas V SD mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran multiple intelligences, minat belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 05:08
Last Modified: 06 Dec 2022 05:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75509

Actions (login required)

View Item View Item