PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER CERITA BERBASIS ELEKTRONIK (BIOGRAFI PAHLAWAN DIPONEGORO) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PESERTA DIDIK KELAS V SD

JHON, WINARNI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER CERITA BERBASIS ELEKTRONIK (BIOGRAFI PAHLAWAN DIPONEGORO) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PESERTA DIDIK KELAS V SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_winarni jhon_19712251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media kalender cerita berbasis elektronik biografi Pangeran Diponegoro yang layak, dan 2) mengetahui keefektifan media media kalender cerita berbasis elektronik biografi Pangeran Diponegoro untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan karakter semangat kebangsaan peserta didik. Penelitian ini menerapkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan model Borg and Gall. Ada 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi hasil uji coba terbatas, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba produk operasional, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) tahap desiminasi dan penyebaran produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Pengumpulan data pada studi awal dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan independent sample t-test dan paired sample t- test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji MANOVA dengan uji prasyarat uji normalitas multivariat dan uji homogenitas varian kovarian dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa media kalender cerita berbasis elektronik memuat materi membaca pemahaman dan nilai semangat kebangsaan. Media tersebut layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji independent samples t-test, paired samples t test dan uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa media kalender cerita berbasis elektronik berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman dan karakter semangat kebangsaan peserta didik kelas V SD di Kecamatan Seberang Ulu II Palembang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman, Karakter Semangat Kebangsaan, Media Kalender Cerita Berbasis Elektronik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:44
Last Modified: 06 Dec 2022 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75506

Actions (login required)

View Item View Item