PENGEMBANGAN MEDIA BUKU DONGENG BERSERI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

SAFITRI, MAZDA LEVA OKTA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU DONGENG BERSERI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_mazda leva okta safitri_19712251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menghasilkan media buku dongeng berseri yang layak dalam meningkatkan minat baca dan karakter kepedulian sosial di sekolah dasar, 2) menguji efektivitas media buku dongeng berseri dalam meningkatkan minat baca dan karakter peduli sosial di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall pada tahun 1996. Subjek penelitian ini adalah 54 peserta didik kelas III sekolah dasar di Kecamatan Babat Toman yang terbagi menjadi 6 peserta didik di uji lapangan awal, 18 peserta didik di uji lapangan utama dan 54 peserta didik di uji lapangan operasional. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah Paired Sampels t Test dan Uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Produk penelitian berupa media seri buku dongeng layak digunakan berdasarkan validasi ahli, respon guru dan respon peserta didik. Penilaian dari ahli materi skor yang diperoleh adalah 3,64 dengan kategori “Sangat Baik” dan ahli media skor yang diperoleh adalah 3,23 dengan kategori “Baik”. Pada uji lapangan terbatas, skor respon adalah 3,37 dan skor respon peserta didik adalah 3,56, kedua skor tersebut berada dalam kategori “Sangat Baik”. Pada uji lapangan utama, skor respon guru adalah 3,93 dan skor respon peserta didik adalah 3,74.2, kedua skor tersebut berada dalam kategori “Sangat Baik”. 2) Media buku dongeng berseri efektif terhadap minat baca dan karakter kepedulian sosial di sekolah dasar. Hasil Paired Sampels t Test untuk minat baca pada kelas eksperimen 1 adalah 0,001 < 0,05 dan kelas eksperimen 2 adalah 0,048 < 0,05 sementara untuk karakter kepedulian sosial pada kelas kelas eksperimen 1 adalah 0,046 < 0,05 dan kelas eksperimen 2 adalah 0,038 < 0,05. Hasil Uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) didapatkan bahwa nilai siginifikansi 0,027 < 0,05 untuk kelas eksperimen 1 dan 0,000 < 0,05 untuk kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil hasil uji tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media buku dongeng berseri efektif terhadap minat baca dan karakter kepedulian sosial di sekolah dasar

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media buku dongeng berseri, minat baca, karakter kepedulian sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:41
Last Modified: 06 Dec 2022 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75505

Actions (login required)

View Item View Item