PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

FATHONI, ANANG (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_anang fathoni_19712251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi sistem peredaran darah untuk android dan windows yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa PGSD UPY, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada materi sistem peredaran darah untuk mahasiswa PGSD UPY, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran interaktif pada materi sistem peredaran darah terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis mahasiswa PGSD UPY. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan Alessi & Trollip dengan 3 tahapan: perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas PGRI Yogyakarta. Subyek uji coba terdiri dari 3 asisten dosen UPY, 12 mahasiswa PGSD UPY pada uji beta 1, 30 mahasiswa kelas eksperimen dan 30 mahasiswa kelas kontrol pada uji beta 2. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, skala ahli media, skala ahli materi, angket respons pengguna, skala motivasi, dan soal tes berpikir kritis. Analisis data menggunakan analisis model bogdan & biklen, analisis deskriptif, uji n-gain, uji beda menggunakan paired sample t-test dan uji Mann Whitney U untuk uji efektivitas pada motivasi belajar, dan uji beda menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney U untuk uji efektivitas pada berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif pada materi sistem peredaran darah, (2) kelayakan produk oleh ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 3,93 dengan kategori “sangat baik”. Kelayakan produk oleh ahli media diperoleh rata- rata skor sebesar 3,58 dengan kategori “sangat baik”. Respon asisten dosen terhadap produk diperoleh rata-rata skor sebesar 3,79 dengan kategori “sangat baik”. Respon mahasiswa terhadap produk pada uji beta 1 diperoleh rata-rata skor sebesar 3,8 dengan kategori “sangat baik”. Respon mahasiswa terhadap produk pada uji beta 2 diperoleh rata-rata skor sebesar 3,62 dengan kategori “sangat baik”, (3) Hasil uji n- gain pada motivasi belajar mendapatkan nilai 0,15 dengan kategori peningkatan rendah, sedangkan berpikir kritis mendapatkan nilai 0,63 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil uji paired sample t-test pada motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hasil uji beda Mann Whitney U pada motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi 0,97 > 0,05. Selanjutnya, hasil uji beda Wilcoxon pada berpikir kritis diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hasil uji beda Mann Whitney U pada berpikir kritis diperoleh nilai signifikansi 0,044 < 0,05. Sehingga multimedia pembelajaran interaktif pada materi sistem peredaran darah layak dan efektif terhadap motivasi dan berpikir kritis mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, motivasi belajar, berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:39
Last Modified: 06 Dec 2022 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75504

Actions (login required)

View Item View Item