PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI

ZULFA, LINA NIDA (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KECAMATAN KEDIRI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_lina nida zulfa_19712251039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap literasi sains, sikap demokratis, literasi sains dan sikap demokratis secara simultan pada siswa kelas V sekolah dasar gugus 3 Kecamatan Kediri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Terdapat dua kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan dua kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD gugus 3 di Kecamatan Kediri. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 1 Gelogor dan kelas VA SDN 2 Rumak sebagai kelas kontrol dan kelas VB SDN 1 Gelogor dan kelas VB SDN 2 Rumak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengetahui literasi sains dan angket untuk mengukur sikap demokratis. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap literasi sains siswa dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Rata-rata pretest literasi sains pada kelas kontrol adalah 59.09, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 62.21. Adapun rata-rata posttest literasi sains pada kelas kontrol adalah 66.19, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 77.55. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap demokratis siswa dengan nilai signifikansi 0.004 <0.05. Rata-rata pretest sikap demokratis pada kelas kontrol adalah 71.68, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 72.66. Adapun rata-rata posttest sikap demokratis pada kelas kontrol adalah 75.7, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 83.91. (3) Terdapat pengaruh model problem based learning terhadap literasi sains dan sikap demokratis siswa secara simultan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, dengan perhitungan statistik yang sudah disebutkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, literasi sains, dan sikap demokratis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:15
Last Modified: 06 Dec 2022 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75494

Actions (login required)

View Item View Item