Pengembangan Media Pembelajaran Bolavoli Tenda IOT174 Berbasis Android Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif, dan Afektif Mahasiswa Prodi Penjas Perguruan Tinggi PGRI di Jawa Timur.

Muharram, Nur Ahmad and Suharjana, Suharjana (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Bolavoli Tenda IOT174 Berbasis Android Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif, dan Afektif Mahasiswa Prodi Penjas Perguruan Tinggi PGRI di Jawa Timur. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-nur ahmad muharram-19703261047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kemampuan Kognitif, dan Afektif Mahasiswa Prodi Penjas Perguruan Tinggi PGRI di Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadopsi pada langkah-langkah penelitian dari Borg&Gall yang terdiri dari 10 langkah pelaksanaan penelitian sebagai berikut: (1) mengumpulkan informasi, (2) perencanaan produk yang akan dibuat, (3) penyusunan draf produk awal, (4) uji coba skala kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba skala besar, (7) revisi produk, (8) uji efektifitas, (9) revisi produk akhir, (10) diseminasi. Uji coba lapangan skala kecil yang dilakukan di Kampus STKIP PGRI Jombang yang mengambil mata kuliah bolavoli. Uji coba skala besar dilakukan di STKIP PGRI Trenggalek yang mengambil mata kuliah bolavoli, Universitas Kahuripan yang mengambil mata kuliah bolavoli, STKIP PGRI Pacitan yang mengambil mata kuliah bolavoli. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tentang pengamatan, wawancara, lembar penilaian uji efektifitas tentang hasil peningkatan kemampuan kognitif, daya juang dan sportivitas, untuk validitas instrumen penilaian kognitif validitas 0,865 dan reliabilitas 0,836, penilaian Afektif (daya juang) validitas 0,836 dan reliabilitas 0,700, penilaian Afektif (sportivitas) validitas 0,897 dan reliabilitas 0,824. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian berupa aplikasi pembelajaran teknik dasar yang diberi nama “TENDA IOT174” yang disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa penjas yang mengambil mata kuliah bolavoli. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, dan afektif mahasiswa yang mengikuti mata kuliah bolavoli. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan praktisi (dosen, pelatih dan guru penjas) yang dibuat menjadi pengembangan aplikasi tersebut dan dianggap layak/valid. Mahasiswa memiliki respon tinggi terhadap aplikasi teknik dasar yaitu TENDA IOT174 dengan antusias dikarenakan didalam aplikasi tersebut mencakup tentang analisis gerak dan sudut anatomi ketika melakukan teknik dasar bolavoli. Sumbangan teknik dasar dengan aplikasi TENDA IOT174 pada pembelajaran bolavoli untuk meningkatkan kognitif, afektif (daya juang) dan afektif (sportivitas) adalah untuk aspek kognitif 11,03%, aspek afektif (daya juang) 12,06% dan aspek afektif (sportivitas) 13,60%.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: bolavoli, pendidikan jasmani, tenda IOT174
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:36
Last Modified: 06 Dec 2022 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75493

Actions (login required)

View Item View Item