Efektivitas Media Gambar Seri berbasi Lingkungan Terhadap Kemampuan Berbicara dan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas II SD

Agitia Ayu Prastiwi, Agitia Ayu Prastiwi (2022) Efektivitas Media Gambar Seri berbasi Lingkungan Terhadap Kemampuan Berbicara dan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas II SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_agitia ayu prastiwi_16712251063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) efektivitas media gambar seri berbasis lingkungan terhadap kemampuan berbicara siswa, (2) keefektifan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap karakter peduli sosial siswa, (3) keefektifan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap kemampuan berbicara dan karakter peduli sosial siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II di kecamatan Kranggan kabupaten Temanggung yang terdiri dari tiga sekolah yaitu SDN 1 Sanggrahan, SDN 2 Sanggrahan dan SDN 1 Kranggan. Sampel penelitian ini adalah 22 siswa kelas II SDN 1 Kranggan, 23 siswa kelas II SDN 1 Sanggrahan dan 20 siswa kelas II SDN 2 Sanggrahan. Teknik pengambilan sampel dipilih sesuai kesamaan kemampuan sekolah. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan independen sample t-test dan anova serta manova dua jalur dengan taraf signifikansi 5% yang pengujiannya menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran menggunakan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap kemampuan berbicara, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran menggunakan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap karakter peduli sosial siswa, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran menggunakan media gambar seri berbasis lingkungan terhadap karakter peduli sosial dan kemampuan berbicara siswa kelas II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media, gambar seri, lingkungan, kemampuan berbicara, peduli sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:35
Last Modified: 06 Dec 2022 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75492

Actions (login required)

View Item View Item