PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN GO GO EGG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, TANGGUNG JAWAB, DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SARI, ARUM APRILLIA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN GO GO EGG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, TANGGUNG JAWAB, DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_arum aprillia sari_18712254018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media permainan Go Go Egg dan mengetahui keefektifan media permainan Go Go Egg yang dihasilkan untuk meningkatkan keaktifan, tanggung jawab, dan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey yang meliputi langkah-langkah berikut: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek uji coba lapangan awal adalah empat siswa SD Muhammadiyah Gendol VI dan dua guru kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Seyegan. Subjek uji coba lapangan operasional yaitu 19 siswa SD Muhammadiyah Gendol VI sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan skala kelayakan produk oleh ahli materi, skala kelayakan produk oleh ahli media, skala respon guru terhadap media permainan Go Go Egg, skala respon siswa terhadap media permainan Go Go Egg, panduan wawancara, lembar observasi keaktifan belajar, skala tanggung jawab belajar, dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Media permainan Go Go Egg layak digunakan untuk meningkatkan keaktifan, tanggung jawab, dan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Kelayakan media permainan Go Go Egg dapat dilihat dari hasil penilaian ahli materi dengan kategori “baik” dan ahli media dengan kategori “sangat baik”. Tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan media permainan Go Go Egg menunjukkan bahwa media permainan Go Go Egg membantu dalam proses pembelajaran. (2) Media permainan Go Go Egg yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keaktifan, tanggung jawab, dan hasil belajar siswa. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari peningkatan signifikasi skor keaktifan, tanggung jawab, dan hasil belajar siswa antar sebelum dan sesudah menggunakan media permainan Go Go Egg.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, permainan tradisional, permainan Go Go Egg, keaktifan, tanggung jawab, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:13
Last Modified: 06 Dec 2022 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75491

Actions (login required)

View Item View Item