PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS 1 KECAMATAN DEPOK

ABDULAH, ABDULAH (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS 1 KECAMATAN DEPOK. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_abdulah_19712251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis drill and practice ditinjau dari kelayakan hasil validasi oleh ahli dan mengetahui keefektifan multimedia dalam meningkatkan keterampilan membaca kritis dan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall. Model ini terdiri dari penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk I, uji coba lapangan utama, revisi produk II, uji lapangan operasional, revisi produk III, dan diseminasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas lima di Sekolah Dasar se-Gugus I Kecamatan Depok. Jumlah subjek pada uji coba lapangan awal terdiri dari 10 siswa, pada uji coba lapangan utama terdiri dari 30 siswa, dan pada uji coba lapangan operasional terdiri dari 49 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan uji N Gain, Independent Samples t Test, Paired Samples t Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis drill and practice layak digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan media serta hasil angket respon guru dan siswa. Hasil uji N Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca kritis dan motivasi belajar pada kelompok eksperimen yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Kemudian hasil uji Independent Samples t Test, Paired Samples t Test dan uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis drill and practice efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca kritis dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, drill and practice, keterampilan membaca kritis, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:11
Last Modified: 06 Dec 2022 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75490

Actions (login required)

View Item View Item