IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI PENDULAN KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

ARYATI, ARYATI (2021) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI PENDULAN KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_aryati_18712254011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di sekolah. Tujuan diluncurkannya GLS di SDN Pendulan adalah untuk mencetak generasi yang mencintai kegiatan membaca dan menulis sebagai langkah awal untuk membuka pengetahuan luas melalui berbagai kegiatan literasi. Rumusan masalah yang diteliti yaitu strategi pelaksanaan GLS, peran aktif orang tua dalam kegiatan GLS, dan juga hasil nyata yang diperoleh dari pelaksanaan GLS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif deskriptif. Sumber data utama berasal dari kepala sekolah, guru, peserta didik, dan wali peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder berasal pustaka tertulis, arsip sekolah, dan foto- foto kegiatan GLS. Teknik pengumpulan data yang dipilih menggunakan metode wawancara dan observasi. Keabsahan data menerapkan metode triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian megungkapkan bahwa GLS di SDN Pendulan dapat terlaksana dengan lancar karena penyusunan strategi GLS yang tepat sasaran dan peran aktif orang tua sebagai wali peserta didik. Strategi GLS yang disusun merupakan hasil musyarawah yaitu meliputi sosialisasi GLS kepada seluruh warga sekolah, pembentukan paguyuban kelas, pembentukan TIM GLS, menyusun program GLS, melaksanakan program GLS, dan mengevaluasi program GLS. Program GLS yang disusun meliputi kegiatan pagi berbagi, membaca buku teks non pelajaran 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, wajib kunjung perpustkaan, membuat mading, mendongeng, mebuat resume, dan membuat puisi. Peran aktif orang tua dalam program GLS ini berupa menjadi TIM GLS, mengaktifkan paguyuban kelas, mendampingi kegiatan GLS di rumah, mengisi lembar evaluasi GLS. Dengan penyusunan strategi GLS yang tepat dan juga peran aktif orang tua sehingga program GLS dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan program yang telah disusun. Hasil nyata GLS yang telah dirasakan yaitu meningkatnya rasa percaya diri peserta didik, meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, dan kegiatan belajar mengajar berjalan lebih baik. Dengan penerapan GLS di SDN Pendulan telah meningkatkan semangat belajar peserta didik dan juga meningkatkan kreatifitas para peserta didik dalam bidangnya masing- masing sesuai bakat dan minat peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, GLS, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:52
Last Modified: 06 Dec 2022 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75486

Actions (login required)

View Item View Item