PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI TEKNIK TOKEN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

PURWANTI, PURWANTI (2021) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI TEKNIK TOKEN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_purwanti, s.pd._15712259012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar melalui teknik token ekonomi pada pembelajaran tematik integratif kelas V SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan collaborative classroom action research dengan desain model siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Al Jahiz SD Muhammadiyah Sapen yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki siswa dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi serta menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian (1) Penggunaan teknik token ekonomi dalam proses pembelajaran tematik integratif kelas V di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa; (2) Penggunaan teknik token ekonomi dalam proses pembelajaran tematik integratif mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan motivasi belajar minimal yaitu predikat baik. Pada siklus 1 sebesar 58%, kemudian pada siklus 2 meningkat 84% dari total jumlah siswa. Rerata dan ketuntasan prestasi belajar siswa meningkat pada siklus 1 sebesar 65 meningkat menjadi 79 pada siklus 2. Ketuntasan siswa dalam pembelajaran, siklus 1 sebanyak 14 siswa (39%), meningkat pada siklus 2 yaitu 28 siswa (78%) dari 36 siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar, token ekonomi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:50
Last Modified: 06 Dec 2022 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75484

Actions (login required)

View Item View Item