PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

LAISAROH, ANGGRI (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_anggri laisaroh_18712251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) menghasilkan buku ajar berbantuan augmented reality dengan langkah-langkah yang sistematis untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui kelayakan dan keefektifan buku ajar berbantuan augmented reality dalam meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan mengacu pada model pengembangan Brog & Gall (1983). Alur dalam penelitian ini meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk uji coba lapangan utama, (8) Uji coba operasional lapangan, (9) Revisi Produk Akhir, (10) Diseminasi dan Implementasi produk akhir. Subjek uji coba lapangan awal melibatkan enam siswa, subjek uji coba lapangan utama melibatkan sembilan siswa dan subjek uji coba lapangan operasional melibatkan 40 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah 20 siswa pada masing-masing kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, angket kebutuhan, lembar validasi penilaian produk, skala respon siswa, skala respon guru, soal tes pemahaman konsep, dan skala penilaian diri karakter cinta tanah air. Analisis data yang digunakan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 dan analisis peningkatan rata-rata pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dihasilkan buku ajar berbantuan augmented reality dimulai dari perencanaan, perancangan produk, validasi produk, revisi akhir dan deseminasi; (2) buku ajar berbantuan augmented reality memenuhi kriteria “Layak” berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon guru, dan respon siswa; (3) buku tersebut juga terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air. Keefektifan buku ajar tersebut dapat dilihat dari hasil uji t dan analisis peningkatan rata-rata pretest dan posttest . Hasil uji t menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air secara signifikan dengan nilai p sebesar 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05 (p<0,05). Sementara berdasarkan analisis peningkatan rata-rata pretest dan posttest diketahui terjadi peningkatan sebesar 25% pada pemahaman konsep dan 66% pada karakter cinta tanah air.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, buku ajar, pemahaman konsep, karakter cinta tanah air
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:22
Last Modified: 06 Dec 2022 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75482

Actions (login required)

View Item View Item