PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER CERITA HEBATNYA BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ROKHMANI, TRI ASTUTI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER CERITA HEBATNYA BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_tri astuti rokhmani_18712251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada 10 tahap penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983). Tahap penelitian ini yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk awal produk, 4) uji lapangan awal, 5) revisi produk awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk operasional, 8) uji lapangan operasional, 9) revisi produk akhir, dan 10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri di Kecamatan Srandakan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, skala, dan angket. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 5% dan analisis persentase peningkatan rerata skor keterampilan menulis karangan narasi dan karakter tanggung jawab siswa. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) produk berupa media kalender cerita dengan komponen: halaman sampul, deskripsi produk, petunjuk penggunaan, materi singkat tentang karangan narasi dan karakter tanggung jawab, daftar cerita, enam karanagn narasi bertema tanggung jawab, gambar ilustrasi, halaman penugasan membuat peta pikiran dan menulis kembali isi karangan narasi, halaman tugas mandiri membuat karangan narasi, serta profil penyusun; 2) media kalender cerita dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli, respon guru, dan respon siswa. Hasil konversi skor penilaian kelayakan media kalender cerita yaitu: aspek media 4,89 dengan kategori “sangat layak”, aspek materi 4,61 dengan kategori “sangat layak”, dan aspek bahasa 4,53 dengan kategori “sangat layak”; 3) media kalender cerita efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dan karakter tanggung jawab siswa kelas IV SD. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil uji paired sample t-test menunjukkan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, persentase peningkatan rerata skor keterampilan menulis karangan narasi dan karakter tanggung jawab kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, masing-masing sebesar 23,41% dan 4,91%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kalender cerita, keterampilan menulis narasi, tanggung jawab.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:19
Last Modified: 06 Dec 2022 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75481

Actions (login required)

View Item View Item