PENGEMBANGAN MEDIA REFLECTIVE PICTURE STORYBOOK BERBASIS SOSIOKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SD

AJI, AMIN PRASETYO (2021) PENGEMBANGAN MEDIA REFLECTIVE PICTURE STORYBOOK BERBASIS SOSIOKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_amin prasetyo aji_16712251039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural yang memenuhi kriteria kelayakan, dan (2) mengetahui keefektifan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural yang dihasilkan tersebut untuk meningkatkan karakter cinta tanah air dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan research and development yang mengacu pada pendapat Borg & Gall (2003). Subjek uji coba merupakan siswa kelas IV SD. Subjek uji coba lapangan awal melibatkan sebanyak 9 siswa, subjek uji coba lapangan diperluas melibatkan 15 siswa,dan subjek uji coba lapangan operasional melibatkan 80 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen terdiri dari 40 siswa dan kelompok kontrol yang terdiri dari 40 siswa. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan studi dokumenter. Kelayakan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural dianalisis menggunakan konversi skor yang terdiri dari lima kategori. Keefektifan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural dalam meningkatkan karakter cinta tanah air dan keterampilan sosial dianalisis melalui uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media reflective picture storybook berbasis sosiokultural yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kelayakan menurut ahli materi, ahli media, respons guru dan respons siswa; (2) media reflective picture storybook berbasis sosiokultural terbukti efektif untuk meningkatkan karakter cinta tanah air dan keterampilan sosial siswa siswa kelas IV SD. Hasil uji t dan uji MANOVA menunjukkan bahwa media reflective picture storybook berbasis sosiokultural efektif untuk meningkatkan karakter cinta tanah air dan keterampilan sosial siswa kelasIV SD secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: reflective picture storybook, sosiokultural, karakter cinta tanah air, keterampilan sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:16
Last Modified: 06 Dec 2022 01:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75480

Actions (login required)

View Item View Item