Pengembangan Media Reflective Picture Storybook Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Karakter Kreatif Siswa Kelas IV

KIRANA, WIJANG CANDI (2022) Pengembangan Media Reflective Picture Storybook Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Karakter Kreatif Siswa Kelas IV. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_wijang candi kirana_16712251077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan reflective picture storybook berbasis sosiokultural yang layak untuk meningkatkan keterampilan sosial dan karakter kreatif siswa kelas IV SD, dan (2) mengetahui keefektifan reflective picture storybook tersebut dalam meningkatkan keterampilan sosial dan karakter kreatif siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan research and development yang mengacu pada model Borg & Gall (2003). Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD yang terdiri dari subjek uji coba lapangan awal 20 siswa, subjek uji coba lapangan luas 40 siswa dan subjek uji coba lapangan operasional 60 siswa. Subjek uji coba lapangan siswa terbagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2, dan kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari sebanyak 20 siswa. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Kelayakan reflective picture storybook tersebut dianalisis menggunakan konversi skor yang terdiri dari lima kategori, dan keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan sosial dan karakter kreatif dianalisis menggunakan uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reflective picture storybook yang dihasilkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, respons guru, dan respons siswa; (2) reflective picture storybook tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial dan karakter kreatif siswa kelas IV SD. Hasil uji-t dan uji MANOVA menunjukkan bahwa reflective picture storybook tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial dan karakter kreatif siswa kelas IV SD secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakter kreatif, keterampilan sosial, reflective picture storybook, sosiokultural
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:14
Last Modified: 06 Dec 2022 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75479

Actions (login required)

View Item View Item