PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN KELAS IV SD

ARDIYANSARI, NOVITA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAROS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN KELAS IV SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_novita ardiyansari, s.pd._15712251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran visual berbasis Ekowisata Hutan Mangrove Baros merupakan media pembelajaran berbentuk booklet yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar dan disusun berdasarkan potensi Ekowisata Hutan Mangrove Baros dan disesuaikan dengan Kurikulum 2013 kelas IV SD. Kelebihan media yaitu pengembangan materi berdasarkan potensi lokal dan lingkungan terdekat siswa di Kawasan Hutan Mangrove Baros, sehingga akan mempermudah pembelajaran tematik pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran visual berbasis Ekowisata Hutan Mangrove Baros yang layak untuk meningkatkan kecerdasan naturalis dan karakter peduli lingkungan, dan (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan kecerdasan naturalis dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD Gugus II Kretek Bantul. Jenis penelitian yaitu research and development (R&D), menggunakan desain Borg and Gall (1983) dengan 10 tahapan yaitu (1) pra-observasi dan studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan lebih luas, (7) revisi hasil uji lapangan lebih luas, (8) uji efektifitas, (9) Revisi hasil uji efektivitas, dan (10) diseminasi dan sosialisasi produk akhir. Subjek uji coba lapangan terbatas melibatkan 9 siswa dan 1 guru kelas IV SD Tirtosari. Subjek uji coba lapangan lebih luas melibatkan 32 siswa dan 2 guru kelas IV SD Sono. Subjek uji efektifitas melibatkan 24 siswa kelas IV SD Tirtohargo sebagai kelas eksperimen, dan 19 siswa kelas IV SD Cimpon sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dengan skala. Validasi instrumen dilakukan untuk uji validitas isi dan uji reliabilitas dengan koefisien korelasi setiap itemnya > 0,349. Penilaian kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan siswa. Uji efektivitas media dilakukan dengan teknik analisis data uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi Asymp. Sign. (2-tailed) < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran visual yang dikembangkan sangat layak menurut ahli materi dan ahli media. Menurut guru dan siswa, kepraktisan media sangat layak. Skor rata-rata motivasi kecerdasan naturalis meningkat dari 14,7917 menjadi 18,5417, skor karakter peduli lingkungan meningkat dari 60,75 menjadi 70,625. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa media tersebut secara signifikan mampu meningkatkan kecerdasan naturalis (Asymp. Sign. (2-tailed) =0,000) dan karakter peduli lingkungan (Asymp. Sign. (2- tailed)=0,005).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ekowisata Hutan Mangrove Baros, karakter peduli lingkungan, kecerdasan naturalis, media visual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:14
Last Modified: 06 Dec 2022 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75478

Actions (login required)

View Item View Item