iPENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD SE KECAMATAN PENGARON

AJI, IFAN ANOM BINTORO (2021) iPENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD SE KECAMATAN PENGARON. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ifan anom bintoro aji_18712251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku suplemen IPA berbasis kearifan lokal yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD, dan (2) mengetahui keefektifan dari buku suplemen IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah research and development (R&D) yang mengacu pada model Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi hasil uji coba lapangan, (8) uji operasional, (9) revisi hasil uji operasional, (10) desiminasi dan implementasi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah 6 guru dan 115 siswa kelas IV SD di Kecamatan Pengaron. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan uji Normalitas Multivariat dan uji Homogenitas matriks varian kovarian untuk syarat uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini berupa buku suplemen IPA berbasis kearifan lokal. Buku suplemen tersebut layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan uji coba di sekolah. Hasil uji Normalitas Multivariat mendapatkan hasil mahalonobis distance sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti data normal multivariat dan uji Homogenitas Matriks Varian Kovarian mendapatkan hasil sebesar 0,85 > 0,05 yang berarti data homogen. Hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya buku suplemen IPA berbasis kearifan lokal berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SD di Kecamatan Pengaron.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku suplemen IPA, kemampuan berpikir kritis, karakter peduli lingkungan, kearifan lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:06
Last Modified: 06 Dec 2022 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75477

Actions (login required)

View Item View Item