PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIS INDONESIA

WASESO, HERU (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIS INDONESIA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_heru waseso, s.t._15712259021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ditinjau dari kemampuan komunikasi matematik siswa kelas V SD; dan (2) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ditinjau dari peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini diambil 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan komunikasi matematik dan tes prestasi belajar matematika. Materi yang diujikan sesuai dengan materi yang diajarkan saat penelitian, yaitu volume kubus dan balok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan pretest dan posttest yang berhubungan dengan kemampuan komunikasi matematik dan tes prestasi belajar siswa. Tingkat kesulitan pada soal pretest dan posttest dibuat sama. Teknik analisis data menggunakan uji beda t-test. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas V SD; dan (2) Pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematik, prestasi belajar, pendekatan PMRI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:04
Last Modified: 06 Dec 2022 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75476

Actions (login required)

View Item View Item