PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR SERI PERISTIWA (GASPER) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV SD

DARUSUPRAPTI, FAJARSIH (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR SERI PERISTIWA (GASPER) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_fajarsih daru_17712251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran pengembangan media pembelajaran GASPER yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis cerita pendek; (2) menghasilkan media pembelajaran GASPER yang praktis untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis cerita pendek; (3) menghasilkan media pembelajaran GASPER yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development model Borg & Gall mengacu pada 10 langkah ketika mengembangkan sebuah produk. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Godean. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, dan tes menulis cerita pendek. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan wawancara kepada guru, angket studi pendahuluan kepada guru dan siswa, angket kelayakan media pembelajaran GASPER oleh ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan media pembelajaran GASPER menurut guru dan siswa, lembar observasi motivasi belajar dan tes menulis cerita pendek. Pengujian keefektifan media pembelajaran GASPER dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD dianalisis menggunakan uji- t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi <0,05. Hasil penelitian ini adalah: (1) media pembelajaran GASPER memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan ahli materi mendapatkan skor 58 dengan kategori sangat layak dan ahli media mendapatkan skor 62 dengan kategori sangat layak; (2) media pembelajaran GASPER memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan angket guru pada uji coba lapangan awal/terbatas mendapatkan skor 113 dengan kategori sangat praktis dan angket siswa mendapatkan skor 175 dengan kategori praktis. Sedangkan, berdasarkan angket guru pada uji coba lapangan utama/diperluas mendapatkan skor 121 dengan kategori sangat praktis dan angket siswa mendapatkan skor 478 dengan kategori praktis; (3) media pembelajaran GASPER memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil uji-t dan uji MANOVA dengan taraf Signifikansi 0,002<0,05 menunjukkan bahwa media pembelajaran GASPER dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, keterampilan menulis cerita pendek, media pembelajaran, gambar seri peristiwa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:01
Last Modified: 06 Dec 2022 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75475

Actions (login required)

View Item View Item