EFEKTIVITAS MODEL PROJECT-BASED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Mawaddah, Sukma (2021) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT-BASED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_sukma mawaddah_18712251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas model Project- Based Learning menggunakan pendekatan STEM terhadap kemampuan komunikasi matematikadan kemandirian belajar siswa, (2) mengetahui efektivitas pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematika dan kemandirian belajar siswa, dan (3) mendeskripsikan perbedaan keefektifaan model Project-Based Learning menggunakan pendekatan STEM dan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematika dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan pretest- posttest non equivalen control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah kelas 5 Sekolah Dasar Negeri non-inklusi di gugus 1 dan gugus 5 Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Kelompok sampel yang terpilih secara cluster random sampling adalah kelas 5 SDN Puren sebagi kelas pembelajaran model Project- Based Learning menggunakan pendekatan STEM dan kelas 5 SDN Caturtunggal 3 sebagai kelas yang menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen penelitian yaitu soal tes kemampuan komunikasi matematika, angket kemandirian belajar siswa dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Uji one-sample t-test digunakan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran setiap kelompok sampel terhadap masing-masing kemampuan yang dikembangkan. Uji multivariat dengan memperhatikan nilai T2 Hotelling digunakan untuk mengetahui beda rata-rata kelompok sampel. Peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematika dan kemandirian belajar siswa sesudah pemberian perlakuan pada masing-masing kelompok dianalisis menggunakan rata-rata nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model Project-Based Learning menggunakan pendekatan STEM efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika, namun tidak efektif terhadap kemandirian belajar siswa; 2) pendekatan saintifik efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika dan kemandirian belajar siswa; dan 3) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran model Project- Based Learning menggunakan pendekatan STEM dan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematika dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning, pendekatan STEM, Komunikasi Matematika, Kemandirian Belajar, Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 00:57
Last Modified: 06 Dec 2022 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75474

Actions (login required)

View Item View Item