PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

LESTARI, BEKTI (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_bekti lestari_18712254013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran bercerita dan menulis karangan narasi dengan memanfaatkan media video animasi, dan (2) hasil pembelajaran keterampilan bercerita dan menulis karangan narasi dengan memanfaatkan media pembelajaran video animasi pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Stephen Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan melalui 3 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Tunjungsari 2, tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes unjuk kerja bercerita, dan tes tertulis. Analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif komparatif (statistik deskriptif komparatif) dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam bercerita dan menulis karangan narasi meningkat setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan media video animasi dari siklus 1 sampai siklus 3. Keterampilan bercerita pada siklus 1 rata-rata nilai yang dicapai 66,19, pada siklus 2 nilai rata-rata yang diperoleh 73,65, dan pada siklus 3 mencapai nilai rata-rata 79,84, dimana sebanyak 25 siswa (83%) mendapat nilai dengan kriteria minimal baik. Keterampilan menulis karangan narasi pada siklus 1 rata-rata nilai yang dicapai 69,01, pada siklus 2 mencapai 79,01, dan pada siklus 3 mencapai nilai rata-rata 82,22, dimana sebanyak 27 siswa (90%) mendapat nilai dengan kriteria minimal baik. Persentase siswa yang mencapai nilai dengan kriteria baik sudah lebih dari 80%, sehingga dapat simpulkan bahwa pemanfaatan media video animasi dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan bercerita dan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD N Tunjungsari 2, tahun pelajaran 2019/2020. Para guru disarankan menggunakan media video animasi sebagai salah satu media dalam kegiatan pembelajaran muatan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan bercerita dan menulis karangan narasi bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya, dan memberikan pengalaman belajar yang dapat menumbuhkan inovasi dalam keterampilan berbahasa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bercerita, media video animasi, menulis karangan narasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Dec 2022 00:52
Last Modified: 06 Dec 2022 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75472

Actions (login required)

View Item View Item